Minggu, 31 Agustus 2014

BUDAYA

ADAT SIANJUR
suatu telaah budaya - memahami ajaran moral Tarombo Siregar Akkola Dolok
relevansi positif terhadap peradaban modern

oleh: Ida Syaffira Siregar

Adat Sianjur adalah ajaran moral yang berisi petunjuk untuk mengangkat derajad manusia agar memiliki sifat-sifat kemanusiaan yang luhur. Adat Sianjur ini disampaikan secara turun temurun pada zaman kerajaan Siregar Akkola Dolok. Dahulu kala setiap tahun sehabis potong padi, diadakan horja makan yang disudahi dengan paralong-alongan. Dalam paralong-alongan inilah raja menceritakan Tarombo Harajaan Siregar Akkola Dolok yang diantaranya berisi adat Sianjur.
       Adat Sianjur secara formal ditetapkan pada Bittang 349 bertepatan dengan Masehi 1386 di huta Sianjur oleh Harunkan Nagalottung, yang pada tahun itu dinobatkan sebagai Raja Batak. Naskahnya disusun oleh Raja Ronggur Laut pada B 816 (M 1853) dengan memakai huruf Batak, Dalam naskah Ronggur Laut disebutkan bahwa Nagalottung Si Raja Batak menurunkan sejumlah marga seperti Siregar, Sinaga, Situmorang, Simatupang, Aritonang, Nainggolan, Siagian dsb. Adat Sianjur yang lebih banyak merupakan ajaran moral, dalam bahasa Tapanuli disebut poda-poda merupakan harapan Si Raja Batak untuk meningkatkan harkat orang Batak supaya lebih bermartabat, memiliki sifat yang lebih baik, lemah lembut, penuh kasih sayang, cinta damai dsb.
       Penulis merasa perlu menyusun ulang tulisan ini untuk masyarakat Tapanuli, terutama yang ada di rantau supaya tidak lupa pada akar budayanya. Lebih jauh lagi, adat Sianjur sebagai warisan nenek moyang dapat menjadi wacana untuk meninjau perilaku modern yang saat ini mengalami dekadensi moral. Warisan ini tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Tapanuli semata, khususnya keturunan Siregar Akkola Dolok tetapi dapat meluas dan lebih bersifat global karena spirit yang terkandung didalamnya mempunyai makna universal. Dapat dikatakan, adat Sianjur merupakan salah satu khazanah kekayaan budaya bangsa Indonesia yang patut diperhatikan.
       Adat Sianjur dibuat berdasarkan ajaran agama Islam, dalam naskah Ronggur Laut dituturkan dalam bentuk peribahasa dan berisi petuah-petuah yang dituangkan menjadi dua puluh tiga (23) pangkal adat. Dibawah ini, penulis sadur isi adat Sianjur, disusun urut dari satu sampai dua puluh tiga, lengkap dengan bahasa aslinya (Batak). Supaya mampu memberi gambaran kepada para pembaca betapa dalam makna ajaran moral yang terkandung dalam adat Sianjur ini.

BONA NI ADAT, ADAT SIANJUR 
Terjemahannya ditandai dengan (T), maksudnya  ditandai dengan (M), ajaran moralnya ditandai dengan (A).

1. Bona ni adat na parjolo i ma:  Nada ajaran utte marduri, tubu utte, tubu do durina.
        Asa on ma na martulimbahon tu daganak: Tubu muda tubu daganak, diobansa do parro-haan dohot parange ni ama-ina sanga oppuna sian bortian tu hasiangan di portibi on. Muda na denggan parrohaan dohot parange ni ama-ina sanga oppuna i asa marroha na denggan mar parange na denggan ma ibana di portibi on.
        Asa sahonok daganak nada do pe dibotoisa songon dia na tama to ngolu na dung dipato-bang adat. Asa parroha ni dagingna do pe na paihut-ihutonna. Asa sahonok daganak parroha dohot parangena ra songon hewan. Asa sahonok daganak masuk di tirkat na parjolo i ma na nidok napsu amarah na mangihutkon hagiot ni dagingna sajo. 
(T) Pangkal adat yang pertama adalah: Tiada ajaran jeruk berduri, tumbuh jeruk tumbuh durinya.
Maka inilah pengeterapannya kepada anak: Bila tumbuh anak, dibawanya isi hati dan perangai orangtua dan neneknya mulai malam hingga siang di dunia ini. Bila isi hati dan perangai orangtua dan neneknya baik, maka anak akan mempunyai hati dan perangai yang baik. Selama jadi anak, ia belum tahu bagaimana yang layak untuk kehidupan berumah tangga. Dia baru mengikuti kehendak dagingnya. Selama jadi anak, hati dan perangainya seperti hewan (mengikuti naluri). Selama jadi anak, dia baru pada tingkat pertama yang disebut nafsu amarah, yaitu hanya mengikuti keinginan dagingnya.
(M) Maksudnya secara ringkas: Anak tidak perlu diajari bertingkah, tumbuh anak tumbuh tingkahnya, menurun dari orangtua dan neneknya. Ini sifat alamiah.
(A) Tidak semua jeruk berduri. Demikian juga tidak semua anak bertingkah, ada juga anak  yang baik-baik saja. Namun bila anak memperlihatkan sifat buruk, orangtua harus pandai membimbingnya ke jalan yang baik. Bila sifat anak keterlaluan, orangtua jangan emosi karena mungkin sifat buruk itu diwarisinya dari nenek moyangnya. Sifat anak tergantung pada perkembangan jiwanya, ada jiwa yang lebih matang dari pada yang lain. Jiwa adalah sarangnya kebaikan, semakin matang jiwa, semakin besar kemampuan untuk       berbuat baik.

2. Asa bona ni adat na paduahon i ma: Mata guru, roha sisean.
        Asa on ma na martulimbahon tu daganak na dung togap-togap marmahan dohot daganak na dung mandoli manggaira, danak na dung sappe rudang, na dung mamujing, madung di-botosa rugi-labo dohot markasayahon mata na marnida. Markasayahon ate-ate, na manim-bang aha na niida ni mata, aha na binege ni pinggol, aha na dihilala ni badanna.       
        Asa na denggan diparangehonsa asa na jat diambungkonsa. Labo diparayak, rugi diting-galhon. Tai laing hurang gogo do pe marayak na denggan maninggalhon na jat, laing ma-nyoppo do pe dodas marparange dohot marroha na jat. Tai dohot markasayahon mata dohot
ate-atena, muli-muli tading ma na jat asa hot ma na denggan. Asa on ma na margoar jolma masuk tu tirkat na paduahon na nidok napsu lauwama, i ma hagiot na dung diparetta ni mata dohot ate-ate, nada be mangihutkon hagiot ni daging sajo.
(T) Pangkal adat yang kedua adalah: Mata guru, hati bacaan.
Maka inilah pengeterapannya kepada anak yang tegap (kuat) mengembala dan anak yang telah remaja bergairah, anak yang telah akil-balig (sappe rudang = akil-balig), yang sudah  tahu rugi-laba dan menggunakan mata untuk melihat.  Menggunakan hati untuk menimbang, apa yang dilihat mata, apa yang didengar telinga, apa yang dirasakan badan. Yang baik diperangaikannya, yang buruk dibuangnya. Laba dikejar, rugi ditinggalkan. Tapi masih kurang kuat untuk mengejar kebaikan meninggalkan yang buruk, masih lebih sering berperangai dan berhati buruk. Tetapi dengan menggunakan mata dan hatinya, semakin tertinggal yang buruk dan semakin melekat yang baik. Maka inilah yang dinamakan manusia memasuki tingkat kedua yang disebut nafsu lauwama, yaitu keinginan telah diperintah oleh mata dan hati, tidak lagi mengikuti kehendak daging saja.
(M) Apa yang dilihat oleh mata atau didengar oleh telinga, harus ditimbang, dipikirkan dalam hati untuk diambil hikmahnya. Yang baik diambil, yang buruk dibuang.
(A)  Mata harus dipasang dengan baik, diperhatikan apa yang dilihat, demikian juga dengan telinga. Jangan mata terbuka tapi tidak melihat, tidak sadar apa yang dilihat. Mata dan telinga harus digunakan dengan sebaik-baiknya. Ini khusus berlaku untuk kaum remaja dimasa sekarang. Acara TV yang dilihat mata atau didengar telinga banyak mengandung unsur negatif. Demikian juga dengan yang dibaca dalam surat kabar, lebih banyak berita buruknya. Maka kaum remaja harus pandai menyaring mana yang patut diperhatikan dan mana  yang diabaikan saja. Pada tingkat nafsu lauwama, jiwa mestinya sudah cukup matang untuk ini.  Kaum remaja umumnya diliputi dorongan cita-cita untuk merombak dunia supaya menjadi dunia yang ideal. Dorongan ini dalam bahasa Jerman disebut Sturm und  Drang. Inilah yang perlu dipupuk.
      
3. Asa bona ni adat na patoluhon i ma: Muda sikkam tukkona, laing sikkam do tunasna.
        Asa on ma na martulimbahon tu daganak na dung mandoli manggaira, na dung sappe rudang mamujing, na dung dipatua adat matua bulung. Asa ia muda ama-ina sanga oppuna marroha dohot marparange na denggan asa markasayahon mata dohot ate-ate na manimbangi mamboto rugi-labo aha na jat dohot na denggan, asa madung totop di parroha dohot dipara-ngehonsa roha dohot parange na denggan.
        Asa nada be jungada manyoppo marroha sanga marparange na jat. Asa on ma na margoar jolma manisia na lambok marlidung, na bisuk, na baun, na hobol, na tunggang, na pattun, na ulibasa, na adil, na burju, na jujur, na satia, na tanang, na ruhut sipartahi, na ulubalang, sipar-monang mangalo musu, sipartalu mangalo dongan.
        Asa on ma na masuk tu tirkat na patoluhon na nidok napsu mutmaina  na sasolkot-sasol-kotna tu Allahewata Sombaon. Asa parroha parangena songon on ma na manurun sian ama-ina sanga oppuna tu popparanna anso margoar muda sikkam tukkona, laing sikkam do tunas-na. Asa on ma na nihagioti ni Allahewata Sombaon asa dihaholongisa, dilehensa tumbas na sonang di sarugo.
(T) Pangkal adat yang ketiga adalah: Bila sikkam seteknya, sikkam juga tunasnya.
Penjelasan: Sikkam adalah sejenis tanaman. Bila kita menanam singkong, yang diambil adalah batangnya. Potongan batang ini dalam bahasa Belanda disebut stek, dalam bahasa Indonesia menjadi setek.
Maka inilah pengeterapannya kepada anak yang telah remaja, yang sudah akil-balig, yang sudah berumah tangga. Bila orangtua dan neneknya berhati dan berperangai baik dan menggunakan mata dan perasaan untuk menimbang, mengetahui rugi-laba, yang buruk dan yang baik, dia pun sudah kokoh dalam hatinya untuk berperasaan dan berperangai yang baik. Sehingga anak tidak lagi berhati dan berperangai yang buruk, maka inilah yang disebut, orang yang bicara dengan lembut, yang cerdas, yang berjiwa besar, yang berwibawa, yang peka rasa, yang sopan, yang luhur bahasanya, yang adil, yang ikhlas, yang jujur, yang setia, yang teguh memegang janji, yang pahlawan pemberani, yang menang melawan musuh tapi mengalah melawan kawan, yang penuh kasih sayang dan iba hati. Inilah yang termasuk tingkat ketiga yang disebut nafsu mutmainah, yang paling dekat kepada Tuhan YME. Sifat hati dan perangai inilah yang akan menurun dari orangtua atau nenek kepada keturunannya yang disebut: “Bila sikkam seteknya, sikkam juga tunasnya”. Inilah yang dikehendaki oleh Tuhan, karena kasih-sayang dan kemurahanNya, Tuhan memberi imbalan yang menyenangkan di syurga.
(M) Sifat orangtua umumnya akan menurun kepada anak.
(A) Sifat buruk orangtua mudah ditiru oleh anak, tapi sifat baiknya mungkin tidak semudah itu. Ini adalah sifat alamiah. Maka orangtua harus hati-hati agar jangan terlampau sering memperlihatkan sifat buruknya di hadapan anak. Dalam kehidupan manusia berlaku hukum alam, apa yang ada dalam hati kita atau apa yang kita lakukan, adalah seperti tukko, seperti setek, ia mempunyai daya hidup dan keluar tunasnya. Bila hati kita baik, tunasnya atau buahnya juga baik, bila hati kita buruk, buahnya juga buruk. Bila kita berpikiran baik, pikiran baik itu akan tumbuh menghasilkan pikiran yang baik pula. Sebaliknya pikiran yang buruk, akan menghasilkan pikiran yang lebih buruk lagi. Bila kita berbuat baik pada orang lain, orang itu juga berhati baik pada kita, maka ajaran moralnya adalah: “Lebih baik berperasaan, berpikiran, berbuat dan berperilaku yang baik, karena perasaan, pikiran, perbuatan dan perilaku baik akan menghasilkan buah dan buahnya adalah kebaikan jua”. Inilah ajaran moral nenek-moyang kita Nagalottung Raja Batak yang harus kita laksanakan dan tidak boleh kita lupakan.

4. Asa bona ni adat na paopatna i ma: Pattun hangoluan, teas hamatean.                                          
        Asa on ma na martulimbahon tu pardomuan ni jolma manisia. Pattun marana marina, pat-tun tu raja dohot guru, pattun ma tu sude jolma manisia anso ro holong ni rohana anso dapot  denggan ni hangoluan. Asa muda teas tu ama-ina dohot tu raja asa guru bo pe tu dongan jol-ma manisia, ro ma i jaya tu hamatean. Asa dipatama na tu dongan anso dipatama dongan na tu iba, i ma marsipatama-tamaan. Asa ulang dibaen haccit ni roha ni jolma manisa anso ulang tubu roha na jat balosna.
(T) Maka pangkal adat yang keempat adalah : Sopan adalah kehidupan, aib kematian.
Penjelasan: dalam bahasa Batak, teasadalah lawannya sopan, tetapi dalam bahasa Indonesia tidak ada padanannya (kecuali kurang ajar, tapi ini terlalu keras). Maka diterjemahkan dengan aib, dalam arti  tercela.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia.  Sopan kepada orangtua, sopan kepada raja dan guru, sopan kepada semua orang supaya timbul rasa kasih sayang dan diperoleh kebaikan dalam kehidupan. Bila tidak sopan kepada orangtua, raja dan guru atau kepada orang banyak, datanglah kemalangan (kerugian). Diusahakan melakukan kebaikan supaya orang pun mengusahakan  kebaikan kepada kita, saling berusaha. Jangan membuat sakit hati kepada orang lain supaya tidak dibalas dengan kejahatan hati.
(M) Kesopanan adalah sifat orang yang beradab, orang yang berjiwa besar. Tidak ada orang yang ingin disebut biadab. Maka usahakanlah berbuat sopan.
(A) Orang yang tidak mengindahkan kesopanan, dalam bahasa Indonesia disebut tidak tahu adat. Ini berarti bahwa kesopanan sudah dianggap menjadi adat. Kesopanan bukan saja terdapat dalam tutur kata, perbuatan dan perilaku, tapi juga dalam berpakaian. Bila kita mau jujur, kesopanan yang diajarkan oleh Nagalottung harus kita perluas cakupannya supaya juga berlaku untuk perasaan dan pikiran yang lahir dalam benak kita. Perasaan dan pikiran kita juga harus sopan. Apa artinya ini?  Silahkan direnungkan.

5. Asa bona ni adat na palimahon i ma: Na marruhut pakkuling, marpopat pangalaho, todas parjuguk, ulang  jomak      jomak so marburi.

       Asa on ma na martulimbahon tu jolma manisia akkon jolo nirohaan do na dokkonan. Asa ulang palua angin di lambung ni halak asa ulang mandahahi sanga marsiuncong doppak mangan dohot minum. Asa todas parjuguk dohot parjonjong dohot pardalan. Asa mangan jolo marburi asa minum ulang manguga asa modom di inganan na ias dohot lapang, ulang so-ngon hewan sipodomi hodaranna.

(T) Inilah pangkal adat yang kelima: Harus jelas bicara, santun perilaku, sopan duduknya, jangan menjamah makanan sebelum cuci tangan. 
                 
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia, harus dipikirkan dulu apa yang akan diucapkan. Jangan buang angin didepan orang lain dan jangan mendahak atau mengeluarkan ingus waktu makan atau minum. Harus sopan bila duduk, berdiri dan berjalan. Bila mau makan, cuci tangan dulu, jangan langsung menjamah makanan. Bila tidur harus di tempat bersih dan lapang, jangan seperti hewan, tidur di kotorannya sendiri.
(M) Bila hendak bicara, harus dipikirkan dulu supaya yang dikatakan jelas maksudnya. Jangan bicara yang tak jelas ujung-pangkalnya. Tingkah laku harus yang sopan. Duduk juga harus yang baik, jangan angkat kaki ke meja seperti orang Amerika. Jaga kebersihan waktu hendak makan dengan mencuci tangan dulu.
(A) Kalau bicara, jangan seperti orang marah, yang langsung marah tanpa kejelasan (Jadi bila mau marah, harus ada introduksi dulu, umumnya waktu memikirkan seperti apa introduksi itu, marahnya sudah hilang). Orang yang disapa harus menyahut. Kata yang tidak disambut, menimbulkan rasa tak enak hati.
          
6. Asa bona ni adat na paonomkom i ma: Tappakna do rattosna, rim ni tahi do gogona. Gulang-gulang siala sappagul rap tu ginjang rap tu toru.
        Asa on ma na martulimbahon tu jolma manisia anso rap sahagogoan sahagabean, marsiurup-urupan mangarejohon sanga aha harejo, hangoluan dohot hajuljulon dohot hasangapan habadiaon. Asa rap sarugi salabo, rap sahasangapon, rap sahabadiaon, rap martua rap markaraton. Nada tola marsitading-tadingan.    
(T) Inilah pangkal adat yang keenam: Tampahnya jua pinggirnya, bulatnya kata sepakat kekuatannya.
Berguling-guling setandan biji siala, sama-sama ke atas dan ke bawah.   
Penjelasan: tampah adalah alat dapur yang dianyam. Tampah terjalin kuat dalam anyamannya sampai ke pinggir. Siala adalah honje dalam bahasa Sunda, tapi bijinya yang masih utuh setandan. Kalau tandannya berguling, semua biji turut berguling, karena biji siala itu sangat kuat terikat dalam tandan.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia, supaya sama-sama kuat dalam kekuatan, sama-sama terhormat dalam kedudukan, saling menolong bila ada pekerjaan atau dalam kehidupan, dan sama-sama rugi dalam kerugian, sama-sama untung dalam keberuntungan, sama-sama mulia dalam kemuliaan, sama -sama susah dalam kesusahan. Jangan terpisah-pisah.
(M) Masyarakat harus dilihat sebagai sekumpulan orang yang kuat terjalin dalam satu kesatuan ibarat tampah yang dianyam atau ibarat sialasetandan yang kuat terikat dalam tandan.
(A) Ajaran ini khusus berlaku untuk orang kita yang terkenal sebagai orang yang kuat kesadaran dirinya, yang kuat rasa individualistisnya, yang kuat egonya, yang sulit disatukan. Daripada bertindak sendiri-sendiri, Nagalottung  menghimbau orang kita agar meninggalkan sikap egoistis ini, diganti dengan sikap demokratis, yaitu hidup bermasyarakat dengan mengindahkan kepentingan orang lain. Ajaran ini juga menunjuk pada keinginan Si Raja Batak, agar manusia hidup berorganisasi. Jauh sebelum manusia sadar akan pentingnya organisasi, Raja Batak sudah mengajarkannya. Dewasa ini segalanya dilakukan dalam bentuk organisasi, karena hanya dalam bentuk organisasi tercapai hasil yang optimal.

7. On ma bona ni adat na papituhon: Satuptup satahi, saluppat saindege, sapangambe sapanaili, sabile samalu.     
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma manisia anso rap saroha sahata, satahi rap jujur rap  satia, sapangondok, sapandorgak, sahamatean sahangoluan, sahagabean sahamoraon, saharugian saparlabaan.
(T) Inilah pangkal adat yang ketujuh: Sehati sekata, selompat seinjak, seayun sepemandangan, sehina semalu.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia, supaya sehati sekata, sepakat sama-sama jujur sama-sama setia, sehidup semati, sama-sama mulia sama-sama terhormat, sama-sama rugi, sama-sama untung.
(M) Maksud adat ini sama dengan adat  nomor 6, menonjolkan prinsip demokrasi dan prinsip organisasi, yaitu kesamaan dalam segala hal, kesamaan dalam hati supaya sama dalam kata, kesatuan langkah dalam bertindak supaya dicapai hasil yang baik. Kesatuan dalam pemahaman supaya tercapai kesatuan arah dan tujuan. Tapi juga kesatuan dalam suka dan duka.
(A)  Adat inilah yang menjadi dasar terbentuknya kekerabatan yang dalam bahasa Batak disebut dalihan na tolu, tungku berkaki tiga. Ada hubungan vertikal, dari mana kita mengambil isteri yang disebut mora, ada hubungan horizontal yaitu kakak beradik disebut kahanggi, dan ada hubungan ke bawah kepada siapa kita memberi anak gadis kita dan disebut anak boru. Hubungan ini disebut solkot  yang tidak ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia. Solkot artinya, hubungan kekerabatan yang dekat, erat dan kental dengan kasih sayang. Dalam kekerabatan solkot inilah berlaku sehati sekata, selangkah seinjak, seayun sepemandangan, sehina semalu, sehidup semati. Kesolkotan dalam dalihan na tolu memang sudah menjadi darah daging orang kita. Kesolkotan ini tampak dari peribahasa: “Tinitip sanggar baen huru-huruan”,          dipotong sanggar untuk membuat sangkar (sanggar = semacam gelagah). “Sinungkun marga so binoto partuturan”, ditanya marga supaya tahu cara bertutur.

8. On ma bona ni adat na pawaluhon i ma: Takki do walang sipartahina, ulubalang monang mangalo musu, talu mangalo dongan.
       Asa on ma na martulimbahon tu sibat ni raja dohot jolma manisia. Na gabe raja parsilaungan parkolip-kolipan ni rayap akkon sipartahi. Asa ulubalang do na gabe raja manjongjokkon adat  dohot uhum dohot harajaon di bagasan hajujuran na satia. Asa anggo mangalo musu, akkon monang, pattang mangela surut harani heput, tai anggo mangela surut marroha mangalo hajat-tanon  sinagana ma i asa mangalo dongan na talu do ulang adong sipamedu.(?)
 (T) Inilah pangkal adat yang kedelapan: Takki mengikat kesepakatan, ulubalang menang melawan musuh, kalah melawan kawan.
Penjelasan: takki adalah kulit kayu yang halus putih tapi kuat. Sebelum dikenal kain tenun, takki dipakai                 sebagai penutup aurat. Untuk itu kulit kayu ditumbuk sampai tipis.
Maka inilah pengeterapannya kepada sifat raja dan manusia. Yang menjadi raja  tempat rakyat berlindung harus suka melakukan musyawarah. Ulubalang yang menjadi raja harus dapat menegakkan adat, hukum dan kerajaan dengan jujur dan setia. Bila melawan musuh, harus menang, pantang mundur karena kecut atau takut tetapi bila berhadapan dengan kawan, harus mampu untuk mengalah.
(M) Kata sepakat yang dicapai dalam perundingan, harus dipegang teguh dan berjanji untuk dilaksanakan dengan sepenuh hati dan rasa tanggung-jawab.
(A) Kata sepakat yang dicapai dalam musyawarah harus ditepati, sebagai tanda orang yang berjiwa luhur dan bertanggung jawab. Ajaran ini pun terdapat dalam Al-Qur’an sebagai tanda orang yang beriman. Seorang ulubalang harus menang melawan musuh tetapi mengalah menghadapi kawan, mengandung arti sifat seorang pahlawan yang sesungguhnya, bersifat ksatria. Pada masa kini, sangat langka ditemukan seorang pemimpin yang berjiwa ksatria, tegas kepada lawan, sebaliknya lembut mengayomi kepada rakyat. Ini menunjukkan, pada abad XIV - Nagalottung Raja Batak sudah memiliki kesadaran moral yang tinggi.

9. Bona ni adat na pasiahon i ma: Tukkap-tukkap tu jolo, torjak tu pudi, juljul tu ginjang. Gonan gasa pado maribuk. 
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma manisia: Pattang ni anak raja, anak na mora asa boru na mora, babere na mora mundur surut tu pudi, akkon na juljul tu ginjang manjuljulkon adat dohot uhum dohot harajaon dohot hagabeon dohot hamoraon anso maginjang magodang marsangap martua markaraton matcot sangakkip na riakkon manyargut di parmusuan. Tai anggo baen tu hasalamatan, gonan do na mundur mangela surut marroha hajattanon pado mate di habilean.
(T) Pangkal adat yang kesembilan adalah: Bungkuk-bungkuk ke muka, menerjang ke belakang, menopang ke atas. Lebih baik luka daripada patah tulang.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Pantang bagi anak raja, perempuan bangsawan dan menantu bangsawan untuk mundur ke belakang, harus bisa menopang adat, hukum dan kerajaan serta kebesaran dan kemuliaan supaya semakin besar keberuntungan dan kehormatan. Tapi demi keselamatan, lebih baik mundur dengan jantan daripada mati dalam kehinaan. (Penjelasan: dalam konteks ini, tampaknya mundur harus diartikan kurang menopang adat dan hukum).
(M) Dalam menghadapi kebaikan, kita membungkuk merendahkan hati, menjauhkan keangkuhan supaya kebaikan dapat berkembang pesat. Tetapi bila menghadapi keburukan, kita harus mempunyai hati yang keras untuk melawannya.
(A) Kebaikan harus ditopang, dijunjung supaya dapat ditegakkan. Kebaikan tidak dapat diajarkan dengan kekerasan, harus dengan kelembutan. Sebaliknya, kejahatan tidak dapat dilawan dengan kelunakan, harus dengan kekerasan. Dalam hal ini, anak raja dan kaum bangsawan harus dapat memberi contoh, memberi dorongan dan bantuan.  Namun demikian, jangan kelewat batas, lebih baik luka daripada patah tulang.  

10. Asa bona ni adat na pasapuluhon i ma: Tola do marbada, tai ulang dioban margotos. Sagodang-godang ni parbadaan, ulang magotap panggattung parapian.
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma manisia: Nada tola markosom na so sude di parba-daan. Asa sagodang-godang ni parbadaan, ulang jabat dibuat hosa dohot dibaen gasa ni badan.
(T)  Pangkal adat yang kesepuluh ialah: Boleh bertengkar tapi jangan sampai bertinju. Sebesar-besar pertengkaran, jangan putus gantungan perapian.
Penjelasan: umumnya di atas api digantungkan anyaman bambu untuk mengeringkan daun kopi sebagai pengganti teh.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Tidak boleh merasa dendam karena pertengkaran. Sebesar besarnya perselisihan, jangan sampai nyawa melayang atau terdapat luka di badan.
(M) Berselisih paham dan bertengkar adalah lumrah, tapi jangan  sampai putus tali persaudaraan dan jangan sampai terjadi perkelahian. Jangan sampai ada yang terluka atau sampai putus nyawa.
(A) Bila sampai terjadi perkelahian atau sampai ada yang terluka, sudah sulit mendamaikannya. Orang kita yang dijumpai Nagalottung memang masih suka bertengkar, mungkin ada yang sampai terluka atau putus nyawanya. Ajaran ini untuk jaman sekarang masih tetap berlaku, bukan saja untuk orangTapanuli, juga untuk bangsa Indonesia dan seantero dunia. Dewasa ini, anak SMP/SMA melakukan tawuran dengan membawa clurit sehingga ada yang meninggal. Di Amerika, anak SD saja sudah membawa pistol ke sekolah. Pangkal adat ini mengajarkan kepada kita, untuk pandai mengendalikan diri dari emosi, nafsu amarah dan angkara murka sebagai ciri manusia yang berbudi luhur.

11. Asa bona ni adat na pasapulu sadahon i ma: Rukrek parau manjalahi tu rapotna, dibaen pe martakkangi, manjalahi hasittonganna di bagasan hapattunon.
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma manisia: Di bagasan sanga aha na nipartakkakkon, nada tola maroban tu segana, tai akkon maroban tu dalan manjalahi hasittonganna do.
               (T) Pangkal adat yang kesebelas adalah: Hilir mudik perahu mencari tempat berlabuh, walau bertengkar, tujuannya adalah mencari kebenaran dengan cara yang patut.
              Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Apa pun yang dipertengkarkan, jangan sampai membawa kerusakan  tetapi harus dicari jalan supaya membawa kebenaran.
(M) Manusia memang harus seperti perahu mencari tempat berlabuh, manusia harus memiliki pikiran yang panjang, dipikir berulang kali untuk menemukan kebenaran dan setiap pihak mempunyai kesimpulan masing-masing  yang berbeda sehingga mudah menjadi awal pertengkaran.
               (A) Wajar bila dalam hal mencari kebenaran, terjadi perbedaan paham dan pertengkaran, tapi harus dijaga agar tidak sampai emosi, jangan sampai naik darah seperti yang sering terjadi pada orang kita. Nagalottung mengetahui sifat orang kita yang keras hatinya, tegas dalam pendirian dan tegar mempertahankannya. Tapi ini harus ditinggalkan supaya memiliki kepala dingin. Inilah tandanya berjiwa besar dan mempunyai visi luas.

12. Bona ni adat na pasapulu duahon i ma: Pahulu simanggurak, pahae sitipulon. Muda sala di pandasoran, sala ma i di pambibiran.
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma manisia: Akkon masibalos-balosan do di hadengganan asa nada tola baribaan songon na mangan dongdong. Asa muda sala di mukkana, sala ma I di ujungna muda so dipauli. I ma anso tae-tae, ulang porotan manat-manat ulang tarsuga asa sanga aha harejo. Jolo nirohaan takkas-takkas sanga bia pambaenanna.
(T) Pangkal adat yang keduabelas adalah: Ke hulu  melawan arus, ke muara mematahkan. Kalau salah di dasarnya, akan salah juga di pinggirnya.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Harus balas membalas dalam kebaikan, jangan sebelah seperti makan kedongdong. Bila salah di awalnya, akan salah juga di ujungnya bila tidak dibetulkan. Karena itu harus hati-hati, jangan sampai seperti tertelan duri tersangkut di kerongkongan. Pikirkan dulu masak-masak bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan.
(M) Manusia tidak selalu memperoleh kebaikan atau keuntungan. Sebaliknya, tidak selalu  memperoleh keburukan atau kerugian/sial. Baik dan buruk senantiasa berdampingan,sperti mata uang. Setiap melakukan pekerjaan harus dipikirkan sebelum dimulai supaya tidak terjadi kegagalan dan kerugian.
(A) Bila hendak melakukan sesuatu, harus dimulai dengan planningatau rencana kerja, ini ajaran dalam manajemen modern. Jadi Nagalottung sudah mengetahui prinsip manajemen. Untuk melakukan kebaikan, kita harus melawan nafsu. Umumnya keburukan terjadi secara otomatis, seperti air mengalir ke muara karena nafsulah yang masih menguasai kita. Karena itu nafsu harus dilawan seperti melawan arus. Untuk mencapai keberhasilan, segalanya harus direncanakan dan dipikirkan lebih dahulu. Kebaikan yang orang berikan pada kita, harus kita balas dengan kebaikan pula, jangan dianggap sebagai sesuatu yang datang dengan sendirinya/gratis. Keberuntungan harus kita syukuri supaya tetap datang menghampiri. Sebaliknya, keburukan datang sendiri tanpa diundang, tetapi keburukan ini jangan kita balas.

13. Asa bona ni adat na pasapulu toluhon i ma: Teas ni bulung si niutusan, teas ni hata so nialusan. Teas ni adat so nibulungan, teas ni raja so nitalagaan.
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma manisia: Nada tola teas tu saguman na niadokkon ni Allahewata Sombaon. Asa tandana na paradat na paruhum dohot bulung pisang pe niutusan hodongna. Asa ulang teas mangalusi sapa-sapa harana sapa-sapa na so nialusan maroban tu haccit ni roha. Na maol nada tarbaen jop ni roha ni halak, pinomat ma ulang dibaen haccit ni roha ni halak. Asa tongtong ditutup lobong di bulungan adat siriaon dohot adat siluluton ulang  didok halak na so mamboto adat. Akkon dipattunan do raja dohot na mora-mora anso sonang tading di bagasan huta bona bulu.
 (T) Pangkal adat yang ketiga belas adalah:  Aib pelepah daun pisang yang tidak dibelah, aib kata yang tidak disambut. Aib adat yang tidak diindahkan, aib raja yang tidak ditalagakan (duduk di sebelah Barat)
Penjelasan: hodong adalah pelepah daun pisang. Pelepah dibelah  bila daun pisang  itu akan digunakan untuk menutup pangupa.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Harus menghormati segala yang Tuhan ciptakan. Tandanya kita adalah orang yang beradat dan tahu hukum, daun pisang pun harus dibelah pelepahnya. Kalau kita disapa, kita harus menyambutnya, karena kata yang tidak disambut akan menimbulkan sakit hati. Bila sulit membuat orang senang hatinya, paling sedikit jangan disakiti hatinya. Harus diketahui kapan adat kegembiraan dilakukan dan kapan adat kesedihan dilakukan,  agar kita jangan dituduh tidak tahu adat. Raja harus dihormati dengan memberinya tempat duduk di julu, sebelah Barat, supaya beliau merasa senang diam di hutabona bulu.
(M) Manusia harus menghargai alam sebagai ciptaan Tuhan. Menghargai dan menghormati alam adalah tanda manusia beradab. Demikian pula dalam menghadapi sesama, jagalah perasaannya agar senang dan nyaman, baik kepada yang sederajad maupun yang memiliki kedudukan lebih tinggi.
(A) Pangkal adat ini mengajarkan kita, untuk pandai-pandailah membawakan diri kepada lingkungan, tempat kita berada dimana pun, kearifan lokal jangan ditinggalkan tetapi sebaliknya dijunjung tinggi sebagai ekspresi menghargai dan menghormati adat dan kebiasaan setempat. Ini membuat kita nyaman dan orang lain pun senang. Pada zaman modern saat ini, kearifan lokal jarang diperhatikan, manusia sudah merasa yang paling pintar sehingga timbul sifat sombong dan takabur. Akibatnya manusia tidak bisa berharmonisasi dengan lingkungan, baik dengan sesama maupun alam, sehingga sering terjadi musibah dan bencana.

14. Asa bona ni adat na pasapulu opatkon i ma: Jayatonan dilakkai abara ulu jaru pe di toru kihik pamorsanan. Ulang mopop ulang tartuktuk, na horhosa do puna teanan.
      Asa on ma ia le na martulimbahon tu jolma manisia: Jayatonan do na ro muda dirappas anak raja harajaon dohot hasangapon ni amana bo pe muda dirappas sianggian harajaon dohot hasangapan ni akkana.  Asa ulang jabat mopop mangarappas jaru pe dirappas, laing na horhosa do i teanan asa songon i muse tu arta teanan. Ulang dihalupahon ia sangap ni ama i ma sangap ni akka i ma sangap ni anggi. Songon i do pambaen ni Allahewata Sombaon. Asa muda bile ama nada arga hasangapon ni anak asa muda bile siakkaan, nada arga hasangapon ni sianggian asa ida do Allahewata Sombaon di na buni dohot di roha ni parhaduk.
(T) Inilah pangkal adat yang keempat belas yaitu: Yayatonan (sulit diterjemahkan) dilangkahi bahu dan kepala walau di bawah ketiak pemikul. Jangan terburu-buru supaya jangan terantuk jari kaki, yang horhosa (sulit diterjemahkan) punya warisan.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Jayatonan (musibah?) datang bila anak raja merampas kerajaan dan kehormatan ayahnya atau bila adik merampas kerajaan dan kehormatan abangnya. Jangan sampai terburu-buru merampas, walaupun merampas yang horhosa, yang mewarisi, dan demikian juga  dengan harta warisan. Jangan dilupakan, kehormatan ayah itulah kehormatan anak, kehormatan abangnya itulah kehormatan adiknya. Demikianlah ketentuan Tuhan YME. Bila ayah jadi hina, tidak berharga kehormatan anak dan bila abang hina, tidak ada harga kehormatan adik. Tuhan YME melihat apa yang tersembunyi dalam hati manusia.
(M) Ajaran ini khusus berlaku untuk yang berkuasa. Yang kuat dan berkuasa, mempunyai kedudukan, baik dalam adat maupun posisi supaya jangan mengambil hak yang lemah. Bila ini dilanggar, maka akan terjadi musibah dan aib keluarga (kerajaan), apalagi bila yang direbut adalah warisan kedudukan dan harta.
(A) Pada zaman modern saat ini, sudah sangat umum terjadi perebutan warisan dalam keluarga. Seperti yang sudah dikatakan di atas, ini adalah musibah dan akan menjadi aib keluarga. Sesungguhnya sebuah keluarga harus saling menyayangi, melindungi kepada yang lemah. Hanya karena harta, nilai luhur ini menjadi hilang, tertutup oleh nafsu angkara murka kebendaan, nafsu kebendaan ini adalah nafsu rendah. Sebagai manusia yang beradab, sepantasnya tidak terjerat dalam nafsu rendah semacam ini, yang membawa manusia kepada derajad syaitoni yang hina.

15. Asa bona ni adat na pasapulu limahon i ma: Batuk laho tu bagas, ehem laho tu sopo, barsi lahotu hauma, marbou laho tu tapian.
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma manisia: Jolo nirohaan sanga aha na giot baenon, ulang ro panyosalan tu pudi. Asa batuk muda laho tu bagas anso marsipauli parabitna sude isi ni bagas mamattuni tamu na ro asa barsi muda laho tu hauma, i ma tanda halak na lidang rohana, nada na giot manakko asa marbou laho tu tapian, ulang mulak mata manaili mangida halak dompak mangusa asa appot adong halak na mangusa, anso marsipauli parabitna maridi.
(T) Inilah pangkal adat yang kelima belas, yaitu: Batuk bila memasuki rumah, ehem bila memasuki sopo, bersin bila memasuki ladang, berseru bila memasuki permandian.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Harus dipikirkan lebih dulu apa yang hendak dikerjakan supaya tidak ada penyesalan di belakang hari. Harus batuk bila hendak memasuki rumah supaya orang di dalam dapat memperbaiki kainnya untuk menghormati tamu, bersin bila hendak memasuki kebun sebagai tanda tidak bermaksud buruk, berseru bila hendak memasuki permandian supaya mata tidak balik melihat orang yang sedang mandi dan supaya orang yang sedang mandi dapat menutup dirinya. Bila hendak memasuki sopo sebaiknya memberi tanda agar yang tidur tidak merasa risi, sopo adalah tempat tidur pria.
(M) Maksud umumnya adalah agar kita menghormati privacy orang lain seperti orang Barat menelepon terlebih dahulu bila hendak berkunjung/bertamu. Di Jawa Barat, bila kita hendak masuk rumah orang lain, kita mengucap punten atau umumnya kita mengucapkan Assalamu’alaikum.
(A) Yang menonjol dari adat ini adalah bagas ni parrohaan ni Opputta Nagalottung - dalamnya kesadaran nenek kita Nagalottung akan nilai-nilai kebaikan (bersopan-santun). Pada zaman sekarang, sopan santun semacam ini masih dipakai dan dijunjung tinggi apalagi pada kunjungan formal.

16. Asa bona ni adat na pasapulu onomkon i ma: Marga hapadasan, tutur mamikkolang, haskas bondul makkalang. Bada di bagas, ulang dioban tu alaman. 
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma manisia: Akkon marruhut do sude pangalaho torsingot tu na matua bulung na dipatobang adat. Asa nada tola marsibuatan boru na samarga dohot na sa pareban dohot na marbabere.Asa nada tola marsibuatan boru jaru pe di marga marhapa-dasan tai di tutur mamikkolang. Sanga ise na mangalanggar adat on nidabu uhuman tu ibana marutang marsomba tu harapatan adat manyombahon horbo mate mangolu. Jujunganna halak bujing halak hundangan halak parappuan. Asa nada tola palalu muruk ni roha di adopan ni halak na nipattunan i ma so didok haskas bondul makkalang. Asa bada di bagasan bagas nada tola botoon ni halak na so patut mambotosa ulang maol paulion ni kahanggi dohot anakboru.
(T) Pangkal adat yang keenam belas adalah: Marga berkecocokan, tutur bertentangan, langkah terhalang bendul. Pertengkaran di rumah, jangan dibawa ke halaman.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Yang sudah berumah tangga harus menjaga tingkah laku. Marga menentukan dengan siapa kita boleh menikah dan dengan siapa tidak dibolehkan. Tidak boleh menikah dengan yang semarga. Siapa melanggar adat akan dijatuhi hukuman dengan seekor kerbau yang dipersembahkan dalam  rapat adat. Jangan melepaskan amarah di hadapan orang yang kita hormati, itu sebabnya dikatakan langkah terhalang bendul.Dan pertengkaran di rumah jangan sampai diketahui oleh orang lain supaya tidak sulit didamaikan  oleh kahanggi atau anakboru.
(M) Marga menentukan hubungan kekerabatan dalam sistem “dalihan na tolu” yaitu mora, kahanggi dan anakboru. Kita boleh menikah dengan marga lain, tapi dijaga jangan mengganggu pertuturan.
(A) Hubungan kekeluargaan dalam sistem “dalihan na tolu” adalah suatu aset yang perlu dilestarikan. Tungku yang berkaki tiga, adalah yang paling stabil. Kalau berkaki dua tidak dapat berdiri, kalau berkaki empat atau lima, kaki yang keempat sedikt saja lebih pendek atau lebih panjang, membuat tungku tidak stabil. Pertengkaran dalam keluarga bila tidak dapat diselesaikan sendiri, harus diselesaikan oleh pihak ketiga dalam adat Tapanuli oleh kahanggi atau anakboru. Maka jangan membuat pertengkaran yang tidak dapat diselesaikan sendiri. Yang terbaik adalah jangan sampai bertengkar.

17. Asa on ma bona ni adat na pasapulu pituhon i ma: Na sega nipauli, na tartar dijopput, na deret diulahan, na mago dijalahan.
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma: Nada tola dibaen jogal-jogal ni roha, jogal ni ate - ate. Asa halak na marsalisi, patureon ni kahanggina, dameon ni anakboruna dohot morana. Hasidunganna, patureon ni harapatan adat, ulang putung dohot siuk dipagodang-godang.
(T) Inilah pangkal adat yang ketujuh belas: Yang rusak dibetulkan, yang tercecer dijemput, yang terlupa diulang, yang hilang dicari.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Tidak boleh berhati egoistis (inilah terjemahan yang paling dekat untuk kata hatinya jogal. Jogal dapat disebut keras dalam arti tidak mau mengalah). Orang yang berselisih, harus didamaikan oleh kahanggi, anakboru atau mora-nya. Yang terakhir, harus diselesaikan dalam rapat adat. Maka amarah dan dengki jangan dibesar-besarkan.
(M) Dalam hubungan dan pergaulan manusia, yang rusak dalam hubungan harus diperbaiki, yang terlupa harus dibetulkan, yang tertinggal diambil dan yang hilang dicari.
(A) Yang rusak, tercecer, terlupa atau tertinggal, dapat diartikan secara harfiah, terlebih pada hubungan kekeluargaan. Disini diajarkan, bahwa silaturahmi dengan sesama manusia jangan sampai putus apalagi silaturahmi dengan saudara sendiri. Bila ada sakit hati hendaknya jangan dipelihara, buanglah sakit hati supaya silaturahmi tetap terjalin. Sakit hati yang disimpan akan menjadi penyakit batin yang parah.
        
18. Asa bona ni adat na pasapulu waluhon i ma: Surat ni adat sise ni adat siluluton, hombar lilit tu uhum sarak na nibaen ni Allahewata Sombaon.
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma manusia: Ia so didok disise di alat siluluton akke di adat siluluton ma tarida pardomuan ni jolma, pardomuan di suhut dohot morana dohot kahang-gina dohot anakboruna. Pardomuan ni raja dohot rayap, pardomuan ni suhut dohot mata ni ari so gakgahon dohot sibuat babere asa pardomuan ni huta bona bulu dohot panusunanna
(T) Pangkal yang kedelapan belas adalah:  Suratan adat terbaca dalam adat siluluton (siluluton = kesedihan) yang erat terjalin pada hukum syariat yang diturunkan oleh Allah Ta’ala.
Penjelasan: dalam adat ini, Nagalottung sudah bicara soal syariat yang terdapat dalam agama Islam. Ini menunjang keterangan dalam naskah Ronggur Laut bahwa Nagalottung Raja Batak sudah beragama Islam.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Dikatakan “terbaca dalam adat siluluton” karena dalam adat inilah tampak eratnya hubungan kekeluargaan antara mora, kahanggi dan anakboru, eratnya hubungan antara raja dan rakyat, antara huta bona bulu dan panusunannya.
(M) Eratnya hubungan kekeluargaan dalam hukum adat yang disusun oleh Nagalottung Raja Batak terkait kepada syariat dalam ajaran agama Islam.
(A) Bila terjadi musibah yang membawa kesedihan, seluruh kerabat mulai dari mora, kahanggi dan anakboru berkumpul untuk mengadakan upacara adat sebagai pernyataan kesedihan. Kerbau disembelih dan masing-masing mendapat bagian yang ditentukan oleh adat. Zaman sekarang, bila ada musibah kesedihan acapkali dilakukan pengajian atau do’a bersama keluarga dan handai taulan , seperti kebiasaan (adat) tahlilan pada saat ada yang meninggal pada 1- 7 hari, 40 hari, 100 hari dst.

19. Asa bona ni adat na pasapulu siahon i ma: Jumolo do siluluton ulang siriaon. Nada tarbaen marsiluluton anggo suada jumolo marsiriaon. Anak pandoruan raja pakkolosan.
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma: Adat ni raja-raja dohot namora-mora nada tola marhorja siriaon anggo adong hatinggalan lobong ni adat siluluton i ma adat ni na mate akkon nibulungan, pinomat ma dilamlamkon, i ma sada horbo di juluan asa sada lombu di talaga. Anggo hum sada horbo, disitsal digora adat raja-raja do pe i.
(T) Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Menurut adat raja-raja dan bangsawan, tidak boleh      mengadakan horja kegembiraan abila ada musibah kesedihan seperti ada yang meninggal. Yang meninggal harus dibulungan atau dilamlamkan, yaitu seekor kerbau di sebelah Barat dan seekor sapi di sebelah Timur. Penjelasan: ini sudah termasuk adat raja-raja. Selanjutnya adalah adat raja-raja. Karena  yang nomor 18 ini juga menyangkut siluluton, maka mulai adat nomor 18 termasuk adat raja-raja. Adat raja-raja jelas didasarkan atas adat yang sudah ada di kalangan raja-raja Batak sebelum Nagalaottung datang.
(A) Pangkal adat ini mengajarkan untuk menghormati dan menghargai musibah kesedihan. Dalam ajaran Islam, nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk mengunjungi keluarga yang tertimpa musibah, karena ada yang sakit atau meninggal sebagai tanda ikut berduka. Malah ini bukan sebagai anjuran semata, tetapi  sudah menjadi suatu kewajiban bagi umat Islam.

20. Asa bona ni adat na padua puluhon i ma: Adat dohot uhum ni raja, sipangan anak sipangan boru. Ise na sala, ibana diuhum. Hosa tontangan ni hosa, tangan na sala, tangan  nigotap, pat na sala, pat nigotap, baba na sala, baba nisappal. Asa sidung do hata-hata adat muda jongjong balanga sigunung di dalihan na tolu.
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma: Adat dohot uhum ni raja, nada baribaan songon na mangan dongong. Ise na sala, ia nihukum. Ise siparsala, ia mananggung hasalaanna. Asa nada dipaobankon hasalaan ni halak siparsala hasalaan ni halak na asing.
(T) Pangkal adat yang kedua puluh adalah: Adat dan hukum raja, pemakan anak laki dan pemakan anak perempuan. Siapa yang salah, dia dihukum. Nyawa tentang nyawa, tangan yang salah, tangan dipenggal, kaki yang salah, kaki dipotong, mulut yang salah, mulut disumpal. Selesailah kata-kata adat bila “belanga sigunung sudah berada di atas tungku berkaki tiga”.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Menurut adat dan hukum raja-raja, raja tidak boleh berpihak sebelah seperti makan dongdong. Siapa yang salah, ia menanggung kesalahannya, walau anak raja. Tidak boleh kesalahannya dibebankan kepada orang lain.
(A) Pada zaman modern, pangkal adat ini mengajarkan kepada kita bahwa seorang pemimpin harus adil kepada siapa pun, kepada rakyatnya maupun kepada kalangan terdekatnya seperti sahabat dan kerabat. Seorang pemimpin harus berpihak kepada kebenaran, tidak kompromi terhadap kolusi apalagi nepotisme.

21. Asa bona ni adat na padua pulu sadahon i ma: Halihi markuwok, une maluyun tarsakkot di sige masuk bondul na opat.
       Asa on na martulimbahon tu jolma manisia i ma: Muda raja-raja maruhum, nada tola niuhum anggo suada tuk hatorangan dohot saksi. Asa nada tola halak niuhum dohot nayang muda adong hatorangan sian hobar rarat marudut tu tanda-tanda na dapot di jolma na tartudu. Asa marudut tu tanda-tanda na adong di inganan kajadian tudu-tudu hasalaan. Asa tola ma halak niuhum dohot dokdok muda adong hasaksian sian opat saksi na hapursayaan dohot suppa.
 (T) Pangkal adat yang kedua puluh satu adalah: Burung elang berkuwok, une melayang tersangkut di sigedan masuk bendul yang empat.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Bila raja-raja menghukum, tidak boleh dijatuhkan hukuman abila tidak cukup bukti dan saksi. Tidak boleh dihukum dengan ringan bila ada bukti yang terdapat pada tempat kejadian atau orang yang tertuduh. Hukuman berat dapat dijatuhkan bila ada empat orang saksi yang memberikan kesaksian di atas sumpah.
(A) Tampaknya kesadaran hukum pada waktu itu (M 1386), khususnya Nagalottumg Si Raja Batak sudah tinggi. Pangkal adat ini mengajarkan kepada kita, bahwa hukum harus ditegakkan, bahasa populernya “law inforcement”, bila terjadi pertikaian di pengadilan, bukti dan saksi menjadi upaya hukum yang harus ada.

22. Asa on ma bona ni adata na padua puluhon i ma:  Raja sitiop adat sidabu uhum, tuan laon bolan siudut hosa kahanggi dohot tumahi, mora sihurtuk  tondi dohot tua ni anakboru asa ankboru pamittori.
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma manisia: Raja na markuasa di bagasan huta bona bulu dohot pagaranna di tano rura banua. Asa halak na taruhum na so unjung marsala asa so-malna halak na nipattunan do, muda dipangido tuan laon bolon, dipalua sian uhuman sanga ulang mandalani uhuman dohot mamake parjanjian.
     Muda dibaensa hasalaan tu pudi ni ari uhumanna i laing ditambahon tu uhuman na parpudi. Asa muda raja martahi dohot kahanggina do ditahihon. Asa pulu ni tahi dipaboa di hula-hula battara kanan dohot di bayo-bayo battara kiri. Asa tahi ni halak na markahanggi disombahon tu mora anso dihurtuk digobakkon tondi ni anaboruna na tumahi. Asa muda marsalisi halak na markahanggi dipittori anakboruna anso sapanganan sapanginuman.
(T) Pangkal adat yang kedua puluh dua adalah: Raja yang memegang adat dan hukum, permaisuri penyambung nyawa kahanggi dengan musyawarah, mora pelindung jiwa dan keberuntungan anakboru dan anakboru pendamai.  
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Raja yang berkuasa di huta bona buludan daerah kekuasaannya. Orang yang kena hukuman dan belum pernah dihukum dan yang biasanya adalah orang yang baik-baik, dapat diminta oleh permaisuri untuk dikeluarkan atau dia tidak menjalani hukuman dengan perjanjian. Bila mengulangi kesalahannya yang sama dikemudian hari, hukumannya ditambah dengan hukuman sebelumnya. Bila raja bermusyawarah, ia bermusyawarah dengan kahangginya (untuk urusan      keluarga). Keputusan musyawarah, diberitahukan kepada mora dan anakboru. Musyawarah orang yang berkahanggi, dipersembahkan pada mora supaya mora memberkahi anakborunya. Bila orang yangberkahanggi berselisih, didamaikan oleh pihak anakboru dengan sama-sama makan dan minum.
(A) Hukum dapat bersikap lunak kepada orang yang berhak dan upaya hukum senantiasa dapat berjalan. Pada zaman modern, dikenal istilah grasi, yaitu pengampunan yang diberikan oleh negara kepada terhukum. Atau istilah remisi, yaitu pengurangan masa tahanan kepada narapidana yang berkelakuan baik. Jadi, pada zaman dahulu pengertian hukum untuk grasi dan remisi sudah ada. Orang yang berkahanggi berselisih, didamaikan oleh anakboru, adat ini bisa jadi setara dengan pengadilan arbitrase pada masa kini.

23. Asa bona ni adat na padua pulu toluhon i ma: Muda tading di huta bona bulu ni raja, maridi jaejae na di tahuratting na ditalpok. 
       Asa on ma na martulimbahon tu jolma manisia i ma: Muda tinggal marhuta bona bulu ni raja, akkon niihutkon do adat dohot uhum ni raja. Nada tola maroban adat dohot uhum tu huta bona bulu na nitopotkon. I ma anggo halak na paradat. Kahanggi ni raja-raja bo pe raja siparadat siparuhum pattang do masuk marhuta bona bulu ni raja na asing.
(T) Pangkal adat yang kedua puluh tiga adalah: Bila berdiam di huta bona bulu seorang raja, bila mandi harus di jae yang di tahuratting yang dipetik.
Maka inilah pengeterapannya kepada manusia: Bila berdiam di huta bona buluseorang raja, harus        mengikuti adat dan hukum raja itu. Tidak dibolehkan membawa adat dan hukum lain ke huta bona bulu yang didatangi. Demikian untuk orang yang beradat. Kahanggiraja atau orang yang suka beradat berhukum, tidak layak berdiam di huta bona bulu raja yang lain.
(A) Kebiasaan dan hukum setempat harus dihargai. Pada zaman sekarang, sudah umum diketahui bahwa hukum dan peraturan suatu negara berbeda dengan hukum dan peraturan negara lain. Seseorang harus patuh kepada hukum dan peraturan negara setempat, dimana yang bersangkutan berada. Maka sering terjadi perjanjian ekstradisi antar negara.

I ma rapot na parjolo di huta bona bulu Sianjur, Sianjur Mula Toppa, Sianjur Mula jadi, mula ni raja-raja di tano Batak di pulo Morsada di Bittang 349 (Masehi 1386).
Demikianlah rapat yang pertama dilakukan di huta bona bulu Sianjur, Sianjur Mula Toppa, Sianjur Mula Jadi, awal raja-raja di tanah Batak di pulau Morsada, pada Bittang 349 (Masehi 1386).

Diatas sudah disampaikan adat Sianjur secara lengkap dari pangkal adat pertama sampai kedua puluh tiga. Penulis berharap, tulisan ini dapat menggugah pembaca untuk merenungkan dan menggali lebih jauh makna adat Sianjur yang sarat petuah, supaya sesuai untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan lahiriah maupun kehidupan batiniah/spiritual. Isinya tidak berlawanan dengan ajaran agama, khususnya ajaran agama Islam. Sebagaimanan kita ketahui, gejolak peradaban modern saat ini membawa akibat kemerosotan dalam segala hal termasuk krisis moral, menghadapi situasi ini, kita sebagai orang Tapanuli di rantau harus mampu bertahan hidup, tidak tergilas oleh kegilaan zaman dengan berpegang teguh pada nilai-nilai luhur nenek moyang.

Sumber tulisan:
1.      Tarombo Siregar Akkola Dolok, ditulis oleh Ronggur Laut Dipartuan Bosar (1858), transliterasi dari huruf Batak ke huruf Latin oleh Muslim K S Siregar Sutan Perkasa Alam (Januari 1991).
2.      Adat Sianjur, oleh Muslim K S Siregar Sutan Perkasa Alam (September 2001).

                                               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar